Home » » Pengertian/definisi lingkungan keluarga

Pengertian/definisi lingkungan keluarga


Anak selama hidupnya akan selalu mendapat pengaruh dari keluarga, sekolah dan masyarakat luas. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak yang memberikan tuntunan dan contoh-contoh bagi anak. Oleh karena itu lingkungan keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya mengembangkan pribadi anak. Di dalam lingkungan keluargalah tempat dasar pembentukan watak dan sikap anak.

Hal tersebut seperti yang dikemukakan oleh Gunarsa (2009 : 5) bahwa lingkungan keluarga merupakan “lingkungan pertama yang mula-mula memberikan pengaruh yang mendalam bagi anak”. Dari anggota-anggota keluarganya (ayah, ibu dan saudara-saudaranya) anak memperoleh segala kemampuan dasar, baik intelektual maupun sosial.


Setiap sikap, pandangan dan pendapat orang tua atau anggota keluarga lainnya akan dijadikan contoh oleh anak dalam berperilaku. Demikian juga dengan pendapat Sadjaah (2002) yang mengemukakan bahwa “keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat memiliki nuclear family maupun extended family, yang secara nyata mendidik kepribadian seseorang dan mewariskan nilai-nilai budaya melalui interaksi sesame anggota dalam mencapai tujuan”.

Dalam hal ini berarti lingkungan keluarga sebagai lingkungan pendidikan yang pertama ini sangat penting dalam membentuk pola kepribadian anak. Karena di dalam keluarga, anak pertama kali mendapat pengetahuan tentang nilai dan norma.


Pendapat lainnya tentang lingkungan keluarga yaitu menurut Hasbullah (2008 : 38) yaitu “Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama dan utama bagi anak, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapat didikan dan bimbingan. Dan dikatakan sebagai lingkungan yang utama karena sebagian besar dari kehidupan anak adalah di dalam keluarga.

Kemudian Barnadib (1999 : 120) mengemukakan “lingkungan keluarga yaitu lingkungan yang bertanggung jawab atas kelakuan, pembentukkan kepribadian, kasih sayang, perhatian, bimbingan, kesehatan dan suasana rumah. Dari lingkungan keluarga yang harmonis yang mampu memancarkan keteladanan kepada anak-anaknya, akan lahir anak-anak yang memliki kepribadian dengan pola yang mantap.


Dari uraian-uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku anak.

Di lingkungan keluarga anak mendapatkan perhatian, kasih sayang, dorongan, bimbingan, keteladanan dan pemenuhan kebutuhan ekonomi dari orang tua sehingga anak dapat mengembangkan segala potensi yang dimilikinya demi perkembangannya di masa mendatang.

23 comments:

  1. makasih gan, bisa buat tugas sekolah :) thanks yaaaa :D
    Penyebab kerusakan Hutan

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. iya memang lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama yang mempengaruhi perkembangan.
    sangat bermanfaat infonya

    ReplyDelete
  4. Memang benar keluarga haruslah menjadi madrasah pertama bagi anak-anak. Ajari anak tentang prinsip sebelum dilepas ke lingkungan bebas, agar tidak mudah terkena polusi-polusi lingkungan.

    Ilmu yang mesti dipelajari dalam persiapan mencari pendamping :)

    ReplyDelete
  5. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  6. lingkungan keluarga yang baik akan membantu pembentukan mental dan sikap anak menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  7. Yang pasti dialami oleh semua orang,lingkungan keluarga memang berpengaruh besar dalam kehidupan seseorang

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. ini.. mantep banget buat bahan tugas sekolah.. makasih gan

    wallhous

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. dapat ilmu baru nih gan, thanks



    https://goo.gl/Gh5HKr
    http://bit.ly/2lEztLI
    http://ow.ly/uPra309se2N
    http://tinyurl.com/jqkl6l6
    http://bit.do/dfMYe
    https://is.gd/4fEuoh
    http://tiny.cc/l09ijy

    ReplyDelete
  12. Terima kasih ilmunya

    untuk saling melengkapi
    Dokumen Guru

    ReplyDelete
  13. lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang Sangat setuju..mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku anak..Manfaat Ikan

    ReplyDelete
  14. daftar pustaka nya minta dong min

    ReplyDelete

Berilah Komentar yang Sopan !!!