Home » » Pencegahan Kekerasan Dalam Pacaran (KDP)

Pencegahan Kekerasan Dalam Pacaran (KDP)

gambar_KDP

Berikut adalah langkah-langkah Pencegahan Kekerasan dalam Pacaran atau yang biasa disingkat KDP
  1. Mulai dengan keyakinan bahwa tubuh kita berharga
    Tubuh kita adalah jiwa kita, jangan membiarkan apa pun menimpanya. Kita harus menunjukkan kepada pacar bahwa kita sangat menghargai tubuh kita, pacar juga akan mulai belajar untuk menghargai tubuh kita.
  2. Mendefinisikan dengan konkret makna pacaran dan bagaimana hubungan akan dibina.
    Pacaran seharusnya merupakan keputusan sadar dengan penuh pertimbangan dan itikad baik antara kita dan pacar melibatkan aspek emosi, keyakinan, sosial dan budaya. Tentu ada unsur pembelajaran, penghargaan, penghormatan, komunikasi yang dapat menjadi pendekatan positif. Kalau terjadi kekerasan dalam pacaran, berarti tujuan ini tidak tercapai lagi
  3. Berani berkata “ tidak “.
    Komunikasikan perasaan, pikiran dan keyakinan kita. Jika ada perasaan tidak nyaman, komunikasikan dengan terbuka dan bersikap jujur disertai penjelasan mengenai alasan kita menolak keinginannya. Ingat, kalau pacaran atas dasar cinta tentu dia akan melindungi orang yang dicintainya dari kerusakan. Katakan “ tidak “ sebelum terjadi yang tidak – tidak.
  4. Belajar menjadi diri sendiri
    Kita bisa belajar menjadi diri sendiri. Selama sikap dan perbuatan kita positif, pertahankan, karena peran kita lebih banyak dibentuk oleh pola pengasuhan yang dipengaruhi budaya, untuk mengubahnya harus mulai pembelajaran baru.
  5. Mencari dukungan, membuat komunitas anti kekerasan.
    Mengungkapkan dan mengkampanyekan pikiran kita, mencari teman yang sependapat. Secara bersama terus dengan proses mengkampanyekan keinginan kita untuk menolak kekerasan dalam berpacaran.
  6. Mencari bantuan orang tua dan juga para ahli
    Untuk Lebih lengkapnya kunjungi situs berikut : (http://ariekaonly.multiply.com).
  7. Belajar menjadi mandiri sebab ketergantungan kepada pacar akan menyulitkan untuk memandang secara obyektif atas tindakan – tindakan pacar. 
  8. Menanamkan pada diri sendiri dan pacar bahwa manusia memiliki hak dan kewajiban yang sama, oleh karena itu tidak ada yang boleh merasa berkuasa atas yang lainnya.
  9. Membentengi diri dengan keimanan dan ilmu agama yang cukup.
  10. Tidak pacaran.Hmmm, mungkin langkah tersebut adalah suatu pilihan yang sulit. Tapi tahukah anda kalau Dengan tidak pacaran secara otomatis menjaga diri dari kemungkinan menjadi korban ataupun pelaku kekerasan dalam pacaran

0 comments:

Post a Comment

Berilah Komentar yang Sopan !!!